MEANING OF LIFE, JOURNEY, TRAVELLING AND HAPPINESS

Selasa, 01 Agustus 2017

Feels Like 'Home'

Hampir satu tahun resmi merantau di Ibukota, rasa-rasanya mulai merasa Kota Jakarta adalah bagian dari 'rumah' saya. Meskipun segala lingkungan dan budaya yang jauh berbeda. Selama di Jakarta jauh dari sanak sodara membuat saya menjadi anak kos. Di tuntut melakukan apapun serba sendiri dan ketika rindu dengan orang tua/keluarga hanya bisa telepon atau video call. Kamar kosan pada akhirnya menjadi satu-satunya tempat saya 'pulang', tempat istirahat dari segala rutinitas dan tempat melepas rindu dengan keluarga.

Awalnya berpikir, bahwa kamar kos hanya tempat saya tidur/melepas lelah. Namun makin lama, makin merasa 'rindu rumah dengan segala isinya' maka untuk bisa meminimalisir segala rasa itu, saya iseng menciptakan nuansa kamar yang membuat saya happy dan feels like home. Saya buat kamar saya senyaman mungkin, se-rileks mungkin dan seindah mungkin. Dimana ketika selesai kerja, ada 'sesuatu' yang menunggu saya pulang yaitu kamar. Beda halnya dulu ketika masih tinggal bersama orang tua, ada seseorang yang menunggu kedatangan saya di rumah, ada yang menyiapkan makanan atau bahkan pernah saat itu disediakan teh manis hangat oleh Mamah saat selesai siaran radio tengah malam. Sepele, sederhana namun memberikan kesan terdalam bagi saya.

Namun, saya tidak boleh kalah dengan keadaan. Daripada 'sibuk' merasa rindu, merasa sedih jauh dari keluarga lebih baik menerima dan memeluk semua rasa, sampai timbulnya rasa baru didalam diri yaitu 'nyaman'. Buat segala hal disekitar senyaman mungkin. Dimulai dari hal yang paling dekat dan sering dilihat, yaitu kamar. Maka dari itu, saya coba untuk mengekspresikan apa yang saya rasa untuk menghias kamar kosan. Mungkin tidak begitu bagus karena saya bukan seorang design interior. Mungkin tidak begitu keren karena bukan barang-barang mahal/merek. Tapi yang saya tuju adalah 'feels like home' nya. And I make it happen :) Well, semua yang ada di setiap sudut kamar saya memiliki filosopinya masing-masing dan saya yang mengatur semuanya sendiri. Karena hal yang dibuat sendiri rasanya lebih bangga dan bahagia.

Mau liat kaya gimana sudut kamar saya? ini saya kasih sedikit fotonya ya. Boleh coba ditiru buat kami yang lagi ingin ganti suasana kamar baru.

1. Rak Buku


Bukan berarti saya tidak di rumah lagi, kebiasaan saya membaca buku jadi hilang. Buat saya, membaca itu tidak pernah ada habisnya. Meskipun saya sudah memiliki rutinitas baru yang jauh lebih padat dibandingkan sebelumnya. Kenapa harus membaca? Karena kelak saya akan menjadi seorang Ibu, sekolah pertama untuk anak saya. Ilmu yang luas akan sangat membantu saya nantinya. Seperti kata Pak Jamil Azzaini "Dengan membaca kita tahu dunia, dengan menulis dunia tahu kita" :)



2. Peta Indonesia


Salah satu cita-cita saya yaitu berkeliling Indonesia. Maka, saya menempel peta Indonesia di kamar saya. Mindset saya, hal ini akan terwujud suatu hari nanti dan anehnya ada keyakinan kuat didalam diri bahwa hal itu akan terwujud. Setiap selesat shalat, saya memanjatkan keinginan saya kepada Allah SWT untuk bisa berkeliling Indonesia sambil melihat peta itu dan membayangkan saya sudah benar-benar kesana. Agak menggelikan ya? Tapi saya percaya, untuk hal hal yang benar-benar diinginkan, perlu latihan untuk sering dilihat, disadari dan dirasakan. Inget kalimat "Apa yang kamu pikirkan, itu yang akan terjadi". Abaikan antene yang menempel diatasnya, itu sangat membantu agar channel di TV saya bersih dan saya tidak perlu geser antene setiap mengganti stasiun TV hehe :p



3. Foto saat Wisuda dan Keluarga


'Moment' saat wisuda tidak bisa tergantikan. Saya taro foto itu, karena foto itu menunjukkan rasa bahagia dan sukacita dari wajah orang tua saya, adik saya dan saya sendiri. Keluarga menjadi salah satu alasan untuk apa saya berjuang dalam hidup ini. Dan rasa itu ingin terus saya pelihara didalam diri. Foto itu yang mampu menjadi obat rindu bagi saya.



4. Upgrade My Self!


Apa yang tertulis diatas, itu adalah point-point yang ingin terus aku kembangkan. Sebagai pengingat untuk upgrade diri sendiri. Sengaja dibuat warna warni, karena saya ingin hidup saya terus berwarna dengan sejuta rasa :) Tak peduli, meski disebut seperti anak kecil hehe



5. Foto dan Lampu


Ini sebenernya iseng yang paling menyenangkan. Saat itu, malam hari di jam 22.30 WIB, saya sibuk memasang lampu dan foto seorang diri. Menjadikan meja TV sebagai kursi untuk menaruh lampu diatas. Menurunkan dan menaikkan TV seorang diri dari mejanya. Entah, ada rasa bahagia saat itu. Berjoged-joged sendirian sambil mendengan playlist favorite. Rasanya sungguh bahagia. Motif lampunya pun ada 5 jenis, bisa berkelap-kelip, bisa terang, bisa sedikit redup dan lainnya. Semakin ga sabar menunggu waktu tidur dan tidur menjadi lebih nyenyak di kosan :)

Well itu semua point dari sudut kamar saya yang memiliki filosopi. Boleh diikut jika tertarik, dan tidak perlu nyinyir jika tidak suka hehe. Ini contoh sudut kamar saya yang lainnya. Semua dibuat dengan rasa happy dan berharap kamar kosan itu selalu menjadi 'rumah' buat saya.

 









Semoga Menginspirasi!



Jakarta, 1 Agustus 2017


Total Tayangan Halaman

NungaNungseu. Diberdayakan oleh Blogger.