Meaning Of Life, Journey, Travelling and Happiness

Selasa, 15 Maret 2016

PARE, AWAS BAPER!!!



"PARE - there is a place that bring me to another life for 2 months"

Akhir tahun 2015 ketika orang orang sibuk siapin malam tahun baru kemana, saya sibuk cari carier diskon akhir tahun buat dipake ke Pare selama 2 bulan hehe. Gak tau kenapa, setelah lulus kuliah dan mendapatkan gelar di belakang nama #ciyeh, saya harus ke Pare. Padahal disana gak ada yang saya kenal, tapi feeling kuat banget saat itu. Dan akhirnya saya baru dapet izin ke Pare bulan Januari. Setelah pending hampir 3 bulan. Ketika teman teman kampus sibuk cari kerja, saya sibuk belanja buat stok VOYAGE di Pare selama 1-2 bulan. Packing tengah malam nan rusuh, karena buru buru yang saya bawa adalah setelan kaos hitam dan celana jeans tak lupa topi eiger.

Datang lah hari dimana saya 'nekad' ke Pare. 2 teman mendadak ga jadi ke Pare karena satu dan lain hal. Orangtua sempet cemas, tapi masa iya sih masa depan saya bergantung sama orang lain? ada atau engga adanya temen, nekad saya udah bulat 1000% untuk kesana. Tiba tiba omongan saya terlihat keren nan bijak saat itu. Setelah me-loby dan memastikan saya akan baik baik saja disana kepada Sang Ayah tersayang, akhirnya beliau mengizinkan. Senangnya bukan main :D
Cerita dimulai dalam perjalanan dari Jogja ke Pare naik kereta. Dalam 5 jam perjalanan itu saya duduk dengan seorang stranger asal Padang, kita keasikan ngobrol sampai niat mau bobo cantik di kereta hilang sudah. Doski cerita panjang lebar bahkan sampai cerita tentang hubungan asmara dan keluarganya yang menurut saya sangat privasi. Awal perjalanan solo travelling saya ke Pare cukup berkesan hehe jadi ga sabar selanjutnya bakalan ada 'surprise' apalagi. 

Tiba di stasiun Kediri dengan carier besar di punggung, gak bisa bahasa jawa dan pertama kali ke Pare. Yang saya punya cuman satu, modal nekad. Untung gak lagi ingusan, jadi ga disebut -bocah ingusan dari Bandung nekad ke Pare- HEHEHE :p Sempet diikutin bapak tukang becak ke masjid sampai ditungguin makan siang di warteg deket stasiun. Naik ojek dari RS Bayangkara sampai Pare 40rb, ditambah si Bapak gatau letak alamat asrama saya dimana. Alhasil saya dan si bapak muter muter cari alamat dengan carier yang nempel di pungung *pegel brooo* dengan gerimis mengundang baper. Finally sampai juga di asrama namanya ALFALFA CAMP di jalan flamboyan. Gak lama hujan besar turun. Lelah sungguh Hayati lelah bang :(

---------- sekilas info -----------
Buat kamu yang belum tau Pare dan pengen belajar bahasa inggris disana, ada beberapa hal yang harus kamu tau. Di Kampung Inggis ada banyak lembaga kursus. Jadi sebelum kesana, pastiin kamu tau mau les dan tinggal dimana. Terus tujuan ke Pare buat apa? improve speaking skill? toefl or ielts? atau cari jodoh? pilihan terakhir selalu jadi favorit hehe. Disana juga kamu bisa milih tinggal di asrama atau kosan biasa. Bedanya apa? Kalo di asrama disana ada program khusus yang wajib kamu ikuti. Contohnya asrama yang saya ambil namanya ALFALFA, fokus sama speaking. Program asrama nya ada morning class jam 05.30-06.30 pagi. Evening class jam 18.30-20.00 malem dan bedtime story atau shocking therapy sebelum tidur jam 21.00. Belum lagi acara public speaking show nya yang kece badai setiap jumat malem. Biaya 450rb/bulan. Kalo berminat bisa hubungi kantor di 0857-4920-3036. Kalo fokus kamu speaking saya saranin ini :)


Hari hari pertama di Pare, merasa gak betah karena PARE SANGAT PANASSSSSS dan yang bikin bete, baju yang saya bawa warna hitam semua. Makasih looh ;( Dari asrama ke tempat les naik sepeda, kanan kiri sawah, tanpa indomaret dan JNE yang jauh. Tapi harga makanannya relatif murah dan PARE punya pentol, kalo kaya di Bandung mah namanya cilok atau baso tusuk.

Suatu pagi di Pare, manis kaya aku

Beautiful blue sky, bener bener small village

Jaringan internet yang ga stabil kaya hati kamu, ikut ikutan bikin tambah bikin bete. Btw, buat naik eskalator di Mall atau sekedar makan Mc Flurry MCD, saya harus meluncur ke Kota Kediri dengan waktu 30-45 menit naik motor. Jalanannya sepi, bisa ngebut tapi kalo malem lampunya kurang terang.

Tapi bukan Nunga namanya kalo nyerah sama keadaan. Disaat lagi bete, saya semangat melebarkan pangsa pasar VOYAGE di Pare hehe. Kalo kata pepatah sambil menyelam minum air. Bulan pertama saya ambil kelas speaking di The Daffodils. Seru bisa ketemu sama orang-orang hebat dari penjuru Indonesia. Minggu ketiga di Pare saya menantang diri sendiri untuk jadi pastisipan di acara Public Speaking Show. Acara rutinnya camp. Judul speech yang saya bawakan 'Those Simple Things in Life'. Materi itu saya buat sepenuh hati dan bener bener pengalaman pribadi yang saya dapet di Pare. Dan Alhamdulillah saya juara satu. Padahal yang lain lebih keren dari saya, kata Mom Indah saya bawain nya enjoy banget. Iyalah Mom, kan dari hati terdalam hehe :) Pokoknya seru deh, soalnya sebelum tampil, saya bikin 'riweuh' semua anak anak camp, pinjem baju formal buat saya speech. You know lah, yang saya bawa dari Bandung cuman kaos lengan pendek. Keriweuh-an itu membuahkan hasil. Seneng dan ga percaya. Dan rasanya bersyukur banget sama Allah malam itu. Bener bener seneng. Bersyukur. Bangga. Campur aduk.

Waktu tampil di acara
Public Speaking Show Alfalfa

Sama temen kelas Public Speaking The Daffodills angkatan 111
Pada keren banget!
Ditengah Mom Indah, saya banyak belajar dari beliau :)

Pernah waktu itu saya nemenin temen untuk liputan majalah bobo tentang kediri dan kampung inggris. Main *saya lebih suka pake kata main dibanding berkunjung hehe biar asik aja sih* ke Dinas Pariwisata Kabupaten Kediri sampai tahu tauhid yang terkenal itu. Seru dan pengalaman tersendiri, itung itung latihan jadi reporter hehe.

Bulan kedua, saya ambil kelas grammar dan pra-toefl di Elfast. Salah satu lembaga kursus paling besar dan laris manis. Saat itu saya lebih memilih kos, karena jadwal kelas yang padat dan pengen ngerasain kos kaya gimana. Bukan padet lagi deng, tapi jadwal yang sedikit gak waras. Bayangin aja bro jam 05.30 - 10.00 pagi ada kelas. Lanjut jam 13.00-16.00. Kadang sebelum skoring besoknya, malemnya saya suka belajar bersama sama anak kelas sambil makan malem. Pada minggu minggu itu saya mulai lelah dan kehilangan arah, aku tanpamu bagai butiran debu hehehe. Kisah ini sudah saya tulis dengan judul 'been there, still there' di tulisan sebelumnya.

Karena saya anak ekonomi, gimana caranya selama 2 bulan saya dapet banyak manfaat dan pembelajaran hehe. Di bulan kedua, saya banyak mainnya ke pantai di Tulungagung, Goa Suworono, Karokean ala-ala, Ijen, Baluran, Malang dan itu semua berkat dari VOYAGE yang laris manis. Pernah saya tulis cerita ini di postingan sebelumnya.

---------- sekilas info -----------
Buat kamu yang mau cari kosan, ada banyak kosan tersebar dari yang harga 175rb/bulan sampai kamar mandi dalam dan plus plus 1jt/bulan. Dan kalo mau cari kosan plis cari yang ada kipas anginnya plissss, Pare hareudang brooo! Kemaren aku kos di Jalan Brawijaya yaitu jalan besar disana, biaya 350rb/bulan cukup mahal tapi worth it.

Selain samping jalan raya, ibu kos nya super duper baik, tempatnya bersih dan ada dapurnya sendiri. Nama kosannya Lambretta, kalo minat bisa hubungi 0856-0455-0611. 
Saya sempet diajak makan malem bersama sama keluarga ibu kos, 
saat ibu lagi ulang tahun hehe. Anak anak nya juga baik, namanya Rangga dan Nazma.


Waktu Ibu kos ulang tahun dengan kedua anaknya


Pokoknya I LEARN MANY THINGS IN PARE. NOT ONLY TO LEARN ENGLISH...
Emang ya segala sesuatu itu gimana niat. Jujur, niat saya dateng ke Pare bukan cuman belajar bahasa inggris tapi paket kumplit. Dan finally I GOT IT! Saya dapet temen baru dari Sabang - Merauke, ada dari Aceh, Padang, Bengkulu, Lampung, Borneo, Depok, Banyuwangi, Bali, Lombok, Makasar, Sulawesi dll. Jadi tau gimana budaya mereka dan destinasi wisata paling kece disana, makanan khas sampai bahasa. Lumayan udah dapet link target yang akan direpotkan Nunga Nungseu saat arround Indonesia nant hehe peace :p

Saya juga belajar, ternyata Pare adalah tempat 'pelarian' yang sangat nyaman. Ada juga kisah cinlok disana, ada yang baper dan ada juga yang ketemu jodoh disana. Yang gak kalah keren, sesuai judul speech saya, saya belajar simple things in life. Berada di tempat jauh sendiri, yang beda banget sama Bandung. Motor diganti sepeda, polusi diganti awan dan langit yang indah, macet diganti sama pemandangan sawah, sinyal diganti sama temen temen baru dengan rasa 'anak rantau' yang sama, dan indomaret diganti sama warung warung kecil disana. Mau dimanapun kamu berada, bahagia adalah pilihan. Bahagia ada di dalem hati, gak peduli kamu ada dimana dan sama siapa. Bahagia itu kamu yang buat kawan!


 Pemandangan saat belajar jam setengah 6 pagi

Polusi diganti sama awan yang indah


Saya punya beberapa orang orang spesial di Pare. Kenapa saya kasih mereka predikat spesial? Coba baca tulisan saya sebelumnya 'my special 23'. Saya punya keluarga baru di Pare, namanya ALFALFA. Ada Mamih Anik tutor camp aku, aku benyak belajar dari dia katanya wanita harus setronggg! Terus ada ka icem temen satu kamar asal Aceh yang suka kasih nasihat bijak, aku juga punya beberapa adik disana, ada Lili wanita asal Lombok yang inggrisnya udah keren, pertama dateng ke Pare langsung tik tok aja sama dia. Terus ada Dini, Aul, Dian dan Zakia yang prepare mau kuliah terus juga ada Fathur adik di Elfast yang lagi semangat mau masuk STAN. Ada juga Om Ridho yang suka komen atas rapih atau engga nya kerudungku. Feby sang wanita tekhnik sipil. Ester yang minjemin saya baju buat speech. Doni yang ajarin saya gimana bisa fokus menyepi dll.


 Orang orang yang selama 1 bulan setia dengerin Nunga bawel
dari bangun sampai tidur hehe

Beberapa hari sampe Pare udah kenal sama orang orang keren kaya mereka
Alfalfa camp four, pria pria sejati katanya...

Namanya Farel, asal Luwek Sulawesi umur 12 tahun 
Saya belajar dari dia, katanya :
'its okay to make mistake, its okay to make fail,
but its not okay if you give up, so never give up'


Saya juga punya motivator dikelas Elfast namanya Mr.Sure aseli Madura dan calon dokter hewan. Suka kasih semangat saat saya jenuh di kelas grammar. Suka pinjemin motor juga buat di JNE. Ada temen sekamar kos namanya Lana asal Papua yang lagi semangat mau bisnis online. Di kelas STEP ONE DAFFODILS juga ada temen temen yang seru ada Bona anak kelautan UNDIP yang asik parah, Kiki yang jago ngopi dan ngerokok, Teh Retno sang psikater bersama, Pras yang jadi partner bully satu sama lain, Adit si simple question, Doni yang presentasi dikelas bahas kesetiaan ikan salmon dan tuna, Dewa asal Bali yang cool, Aska yang pendiem, Umi Sinta yang jadi primadona anak kelas, Naf'an yang arab, Wahyu yang aktingnya keren dan lainnya. Kita punya acara rutin yaitu makan siang bersama setelah kelas jam 12.00 siang. Ternyata bener ya, temen dikelas berpengaruh besar sama semangat kamu untuk masuk kelas atau engga.

 Partner makan siang bareng
Moment Pras's Bornday


Kalo dikelas Elfast semua pada keren. Grammar udah pada jago. Contohnya temanku Tami asal Aceh, ada Bang Anto yang duduknya kaya cewek tapi jadi syekh kalo lagi nari asal Aceh, Mas Danir yang jawa nya medok, Herta yang selalu single, Budi wanita tomboy, Mas Fahri anak UGM yang enak diajak sharing, Hamtaro nama kesayangan anak kelas buat Wahyu, Restu yang selalu nanya bahasa sunda buat pamer ke temen temennya, Widi asal Surabaya temen sarapan di warteg depan elfast, Finda yang ternyata adalah temennya temen di Bogor dll. Mereka partner ngetrip, karaoke dan makan malem sambil belajar grammar. Seru!


 Waktu gowes ke Suworono di Minggu pagi

Baju kelas, ga semua foto bareng sih
Lokasi : Depan Elfast
Pas mau foto harus banget Elfast nya keliatan hehe


Selain itu, aku juga punya 2 bodyguard namanya Asep dari Bengkulu dan Dipta dari Makasar. Sehari saya sampe Pare langsung nyambung ngobrol sama mereka. Kita sama sama satu camp. First Impression ke mereka juga unik. Ke Asep aku pinjem sepeda dan dikasih sepeda yang ga ada rem nya dan parahnya lagi dia ga bilang, alhasil hampir aja muka saya cium tanah, saat balikin sepeda dan ngedumel tanpa komando :( Terus Dipta, waktu itu lagi masak masak dan saya haus pake parah dan lupa gabawa uang, males ambil uang ke camp dan pengen banget minum nutrisari dingin di warung sebelah. Jadi saya menahan malu untuk pinjem uang ke dia buat beli minum padahal baru sekitar 2 jam kenalan hahaha. Tapi yang harus kalian tau, mereka selalu nemenin saya selama 2 bulan kedepan dan kerennya lagi sampai hari saya nulis ini blog kita masih suka komunikasi satu sama lain.Yang pertama selalu berkesan, setuju? :) Eh di detik detik terakhir, aku punya 1 bodyguard tambahan lagi namanya Anas asal Kediri. Baru kenal beberapa hari langsung dipinjemin motor buat kirim VOYAGE ke JNE sekaligus setia dengerin saya curhat panjang lebar. Pria sabar :)

Di pertengahan Februari, Dipta mendadak pulang karena ada psikotes di Makasar. Ga sempet ketemu, karena dia pergi jam 3 pagi. Rasanya sedih dan mau marah saat itu. Ditinggal sama temen terbaik mendadak dan jauh pula di Makasar. Tapi akhirnya saya sadar satu hal, kalo Pare itu kaya fatamorgana, engga nyata tapi keliatan jelas, kalo kalimat kerennya Pare, easy come easy go......

Si Dipta niatnya jahat, mau ngabisin uang aku 
buat traktir makan malem pas aku ultah,
doi semangat banget dan aku pasrah.
Tapi menu nya zonk kaka, 
habis makan muka dia cemberut.
Kalo inget itu suka pengen ngakak :D


3 cowok (baca: bodyguard) yang rela Nunga repotin selama 2 bulan.
Bulak balik JNE, pinjem motor gratis, 
nemenin lari pagi, nemenin makan 
sampai anterin pulang ke kos/camp kalo kemaleman
kika : Dipta - Nunga - Anas - Asep

Di minggu minggu terakhir lebih sering ketemu temen temen, memanfaatkan sisa waktu yang sebentar lagi di Pare. Kebanyakan cowok, ada Oppa yang waktu itu pulang terus datang lagi dan minta secara khusus namanya ada di blog hehe, Tarmizi asal Lampung yang selalu PHP kalo mau pulang karena ga diizinan Ibunya untuk pulang, ada Yamin yang pendiem tapi sekali ngomong lucu, Ule cewek tomboy anak Perbanas, Bang Hendri partner ngobrol serius, Fauzi yang di gosipin sama Anas dan muasiihhh banyak lagiiiiiii!

Saya baru sadar, saya bener bener kenal banyak orang di Pare. Yang belum ketulis maapin yaaa, tetep ada di hati kok hehe. Lalu pertanyaan muncul, kapan ya saya bisa ketemu sama mereka lagi? Dengan keadaan, perasaan dan moment yang sama? Sekarang sebagian dari mereka masih di Pare, namun banyak juga yang sedang melanjutkan kehidupan 'nyata' nya seperti lanjut kuliah, cari beasiswa S2, job seeker dll. Apa kalo kita dipertemukan lagi langsung nyampur kaya kemaren atau malah kaku ya?

Foto di hari terakhir aku di Pare.
Cuman 2 orang di foto itu yang sampe sekarang masih stay di Pare,
yang lainnya pulang untuk melanjutkan hidup.

Saya gatau, apa ini perasaan euphoria sesaat habis pulang dari Pare atau engga. Apa mungkin tahun depan, di tanggal dan waktu yang sama, saya akan lupa sama Pare dan moment didalamnya? Masih dengan perasaan yang sama atau engga saat ketemu kalian? Bukan men-dramatisir nan lebay, tapi saya beneran gatau, lagi lagi biar waktu yang akan menjawab. Tapi saya gak peduli, yang pasti blog ini bisa jadi saksi bahwa Pare dan orang-orang didalamnya pernah hadir dan memberikan kesan terdalam di perjalanan hidup saya. Thanks for being the best part of my life. Ciyeehh :))

Saya dateng ke Pare sendiri dan balik ke Bandung sendiri, tapi rasanya beda. Saya pulang dengan membawa kesan manis dari Pare beserta orang orang dan moment spesial didalamnya. Mungkin ini jawaban, kenapa di awal saya nekad banget pengen ke Pare. Karena Allah sudah menyiapkan banyak hal untuk saya nikmati, saya pelajari dan saya syukuri :)

----------- sekilas info ---------
Buat yang naik kereta ke Pare, plisss banget pas turun di stasiun Kediri
jangan bilang mau ke kampung inggris brother sister, harga transport kesana pasti mahal. Kalo ditanya bilang aja mau ke Kediri rumah sodara. Nih saya kasih nomor Pak Yuda 0857-4940-1902 jemputan angkot stasiun - pare biaya 20rb. Bapak nya baik hati tidak sombong
dan juga bukan cowok PHP hehe


People change, world change, love hurts but life must go on! Pada akhirnya, seberapa banyak orang yang kamu kenal, hanya kamu dan diri kamu sendiri yang bakal maju ke step berikutnya. Inget sebuah kalimat "Akhir dari sesuatu adalah awal mula dari sesuatu yang baru" Are you ready??!!

PARE AWAS BAPERRRR!
Ditulis seharian setelah 3 hari sampe Bandung dari Pare. Ditemani 2 gelas kopi dan lagu dari Payung Teduh. Makasih udah baca. Bukan buat pamer atau men-dramatisir sesuatu. Ini pengalaman aku, kalo gasuka ya maapin, aku ga bisa membahagiakan semua orang sih. Aku maunya kita bahagia bersama nanti di pelaminan :p

Kalo ada yang kurang japri yaaa...


Kali aja mau liat Nunga on stage, like jangan lupa hehe


-Bandung, 15 Maret 2016 pukul 18.35 WIB
ditulis dalam keadaan sadar dan kangen kamu-
Reaksi:

3 komentar:

  1. Ehm, perjuangan nyari carrier gak diceritain tuh ? :p
    Nyampe si aa-aa nya KZL, terus gua cuma bisa duduk lesu liatin lu yang foto 3 carrier disejajarin di toko orang -,-

    BalasHapus
  2. everything is begun from a simple thing, and you did it.

    BalasHapus
  3. http://taipannnewsss.blogspot.com/2018/01/menu-sarapan-idola-orang-indonesia.html
    http://taipannnewsss.blogspot.com/2018/01/6-fakta-dampak-gerhana-bulan-bagi-tubuh.html
    http://taipannnewsss.blogspot.com/2018/01/tak-tahan-uang-kerap-diambil-sopir.html

    QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 7 Permainan.
    • BandarQ
    • AduQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    • BB : 2B3D83BE
    Come & Join Us!

    BalasHapus

Ditunggu kritik dan sarannya ya agan agan!

Total Tayangan Halaman

NungaNungseu. Diberdayakan oleh Blogger.