MEANING OF LIFE, JOURNEY, TRAVELLING AND HAPPINESS

Senin, 18 April 2016

Rejeki Banyak Bentuknya, Kawan!



Jadi inget saat di salah satu sesi training kemaren, sesi kontemplasi (kalo gatau cek mbah gugel yaaaa kontemplasi itu apa) terus refleksi ke diri sendiri dan berhasil buat aku sadar satu hal...................

Bentuk rejeki ada macemnya brader sister! Pernah denger gini ga 'alhamdulillah hujan, itu rejeki...' tau sih kalo rejeki bukan cuman dalam bentuk materi, tapi saat itu hanya sebatas tau belum mendalami sangat dalaaaaam....yaelah hidup tanpa duit begimana jadinya? DAN TING TONG saat ini aku menyadari dan merasakan langsung by experience kalo ternyata rejeki banyak bentuknya!!

Mari kita flashback.....
Skripsi selama 6 bulan yang bikin aku up and down, dan you know hasil skripsi aku manfaat banget buat adek adek kelas satu konsentrasi. Karena yang dapet dosen pembimbing sama kaya aku kemaren, pasti mereka di suruh baca skripsi aku terlebih dahulu. Kata temen sih gosipnya, skripsi aku di jadiin standar hahaha *ketawa nenek sihir* 

Kelar kuliah, dapet peran baru. Dunia serasa menekan aku dengan standar dan sistem yang sudah ada. Kelar kuliah ya bekerja. Padahal tujuan aku, kelar kuliah ya nikah tapi sayang belum ada calon :( Jadi banting setir, kelar kuliah ya jalan jalan. Beda prinsip sih. Tapi ya ini dinamika hidup. Jiwa idealis mahasiswa melekat sekali.

Ternyata tekanan dari lingkungan bisa dijadiin rejeki, faktanya habis wisuda aku semangat dan menyatu dengan VOYAGE. Hasilnya bisa bawa aku terbang ke Pare belajar grammar yang bikin mabok sekaligus jalan jalan. Lalu aku baru sadar, sangat hedon jalan jalannya saat itu. Maapin aku ya voyage, uang pengembangan produknya dipake melihat indahnya Indonesia......

Awal tahun terdampar di Pare selama dua bulan. Merantau sendiri untuk pertama kalinya. Kesepian disana selama satu bulan terakhir, tidur sendirian di kosan, bahasa jawa yang aku gak ngerti, grammar yang bikin muntaber ternyata itu semua rejeki brayyyyy! Habis itu sadar, kalo ternyata aku bisa dan baik baik saja sendiri dalam kondisi itu. Pengalaman baru sebagai bentuk rejeki yang lain. Berpegang prinsip itu  'Aku lebih hebat daripada apa yang aku kira'.

Kesehatan dan umur, jelas mereka adalah bentuk rejeki yang gausah ditanya lagi. Bentuknya nyata dan kongkrit. Segala ilmu yang didapat dan juga pembelajaran hidup lainnya adalah sebuah rejeki. Ilmu solo backpackeran sendiri, pembelajaran hidup sederhana di Pare, langit yang biru dan senja yang manis juga bentuk rejeki yang lain. Lagi bener bener refleksi akan hal hal itu dan mulai aware apa yang udah aku dapat selama. Tuhan, terimakasih banyak.

Kalo uang gimana? Uang juga bagian dari rejeki dalam bentuk materi. Bukan ga butuh uang sih, tapi aku percaya Allah sudah menentukan rejeki nya masing-masing. Mungkin rejeki aku saat ini ya yang tadi aku sebutin diatas. Ga ada yang paling adil se-adilnya selain Allah SWT :)

Memang sih dari bentuk materi aku ga sebanyak orang orang, tapi yang bener bener aku syukuri yaitu dari awal tahun 2016 sampai sekarang aku dipertemukan orang orang baik tanpa diduga dan sengaja. Orang orang dari Sabang-Merauke, beda pulau dan beda budaya. Temen kenal di Pare dan di training kemaren. Sekarang mereka semua menjadi teman temanku. Dan masih tetap ber-silaturahmi dengan baik. Alhamdulillah. Aku kepengen banget keliling Indonesia, dan sekarang aku sudah punya banyak teman tersebar di seluruh Indonesia. Mungkin sebentar lagi Allah bakalan mewujudkan cita cita ku itu. Step by step, insyaAllah Aamiin.

Eh senyum dari orangtua dan orang-orang yang disayang juga bentuk rejeki yang lain loohhh. Dan rejeki yang paling besar ialah aku menyadari akan hal ini. Menyadari dan benar benar mendalami bentuk rejeki by experience kecil kecilan ku ini. Lalu aku tersenyum dan bahagia, betapa bersyukurnya apa yang sudah aku dapat sampai hari ini :)

Teman baru, ilmu baru, pengalaman baru, pembelajaran hidup, umur dan kesehatan merupakan bagian dari dalam paket REJEKI. Rejeki bukan hanya tentang harta yang kamu dapat, tapi apa yang kamu dapat yang akan bermanfaat buat kamu jadi lebih baik, syukur syukur sih bisa bermanfaat buat orang lain juga.

Ah, refleksi kali ini bener bener berhasil. Bukan maksud menggurui loh. Ini kan pendapat dan dari sudut pandnag aku saja. Ternyata bukan hanya hidup dan kebahagiaan, rejeki juga is all about your mindset!

Mari kita tutup dengan doa. Semoga kita semua selalu diberkahi dalam setiap langkahnya. Dilapangkan hatinya. Diselamatkan di dunia dan akhirat. Disehatkan lahir batin jiwa raga. Dan selalu diingatkan untuk selalu bersyukur atas bentuk rejeki yang didapat. Aamiin.


Semoga menginpirasi,

Makasih udah baca.
Senyum manis nya jangan lupa, karena senyum manis dari kamu juga rejeki buat aku :p

7 komentar:

  1. Materinya msh seputar pare, ternyata experience in pare tak lekang oleh waktu �� Orang2 besar dgn karya2 besar mereka, lahir dari hasil kontemplasi.. so sering2lah meluangkan waktu tuk berkontemplasi.

    BalasHapus
  2. Materinya msh seputar pare, ternyata experience in pare tak lekang oleh waktu 😊 Orang2 besar dgn karya2 besar mereka, lahir dari hasil kontemplasi.. so sering2lah meluangkan waktu tuk berkontemplasi.

    BalasHapus
  3. Materinya msh seputar pare, ternyata experience in pare tak lekang oleh waktu �� Orang2 besar dgn karya2 besar mereka, lahir dari hasil kontemplasi.. so sering2lah meluangkan waktu tuk berkontemplasi.

    BalasHapus
  4. Materinya masih seputar Pare, ternyata experience in Pare tak lekang oleh waktu :) Orang-orang besar dengan karya-karya besar mereka, lahir dari hasil komtemplasi. So, sering-seringlah meluangkan waktu tuk berkontemplasi.

    BalasHapus
  5. Materinya masih seputar Pare, ternyata experience in Pare tak lekang oleh waktu :) Orang-orang besar dengan karya-karya besar mereka, lahir dari hasil kontemplasi. So, sering-seringlah meluangkan waktu tuk berkontemplasi.

    BalasHapus
  6. Eh aku mau nanya to the point; 2bulan di Pare, brp budget? Mauk!!!!

    BalasHapus

Ditunggu kritik dan sarannya ya agan agan!

Total Tayangan Halaman

NungaNungseu. Diberdayakan oleh Blogger.