MEANING OF LIFE, JOURNEY, TRAVELLING AND HAPPINESS

Sabtu, 30 April 2016

BALURAN, Bro!




BALURAN BRO!

Katanya Taman Nasional Baluran ini disebut-sebut sebagai Afrika-nya Indonesia. Jadi kamu gausah punya pasport apalagi ribet urus visa buat liat eksotisnya Afrika hehe. Baluran letaknya di Situbondo-Banyuwangi, Jawa Timur, ujung sebelah barat Pulau Jawa sist! Yang merupakan salah satu dari Taman Nasional yang ada di Indonesia. Disana kamu bisa lihat megahnya Gunung Baluran, disamping banyaknya jenis tumbuhan yang ditawarkan. Kalo dalam versi kalimat ilmiahnya, di Baluran terdapat tipe vegetasi sabana, hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai, hutan pegunungan bawah, hutan wara, dan hutan yang selalu hijau setiap tahun. 

Tuh banyak kan jenis tanamannya? Selain menawarkan pemandangan yang cantik, di Baluran juga terdapat beberapa hewan. Salah satunya BANTENG yang dijadikan ikon Baluran. Ada satu spot, banyak kepala Banteng yang sudah mengering *entah kepala beneran atau engga yang dipajang. Dan spot itu suka dijadikan spot buat foto. Kalo lagi beruntung, di sore hari kamu bisa lihat rusa dan kerbau di alam bebasnya sendiri. Rasanya beda sama liat rusa di Taman Safari hehe

Di Baluran juga terdapat Menara Pandang. Letaknya di atas bukit di belakang Pos Bekol. Kamu bisa jalan kesana kurang lebih 15 menit. Tenang aja, trek nya aman kok, ada beberapa anak tangga buat sampe Menara Pandang. Setelah sampai, siap siap deh matamu disajikan dengan pemandangan sabana nan luas serta indah. Bersebrangan dengan Gunung Baluran, kamu bisa lihat langsung lautan lepas, namanya Pantai Bama. 

Waktu paling tepat ke Baluran adalah saat benar benar musim kemarau. Disana bener bener kaya Afrika, kering dan gersang. Sayangnya kemarin saya kesana bukan pas lagi musim kemarau :( Paling asik ke Baluran ya naik mobil, jarak dari pintu utama sampai savana lumayan jauh dan juga panas. Pake motor juga asik sih, tapi awas jangan sampe pulang terlalu malam, akses lampu dijalan cukup minim.

Nah Pantai Bama ini merupakan tempat yang asik buat mengasingkan diri dari hiruk pikuk keramaian Kota. Tidak terlalu rame untuk ukuran tepat wisata pantai. Hanya ada satu tempat makan sekaligus jualan makanan dan minuman ringan. Harga nya juga standar. Ada satu masjid yang lumayan besar juga, dan tempat parkir yang cukup luas. Sepintas, pantai ini terlihat bersih dan alami, alias ga banyak yang jualan. Meski kurangnya fasilitas penunjang seperti penyewaan perahu atau penyewaan alat snorkleing (entah pas saya kesana sedang tidak ada ya..), Pantai Bama ini cukup menarik perhatian dengan hutan bakau yang lumayan luas. Bener bener pantai untuk mengasingkan diri sejenak sambil bermesraan dengan alam semesta.

Ada beberapa ayunan disana. Dan tempat yang teduh dibawah pohon rindang untuk melihat laut lepas di depannya. Pasir nya tidak terlalu putih, namun bersih. Disana juga terdapat beberapa rumah dari kayu untuk disewakan, lagi lagi tidak terlalu banyak hanya ada beberapa. Jangan lupa bawa hammock kalo kesana! Dan pastikan selalu menjaga tas dan makanan yang dibawa, banyak monyet berkeliaran disana, monyetnya lumayan besar dan agresif kaya kamu hahaha.



Pohon paling fenomenal dan favorit buat foto


Voyage in Baluran


Welcome Pantai Bama

Hutan Bakau

\
Pemandangan diatas Menara Pandang


Bersantai di Bama
Jangan lupa lagu Payung Teduhnya 


Tunggu ya trip selanjutnya! :)

0 komentar:

Posting Komentar

Ditunggu kritik dan sarannya ya agan agan!

Total Tayangan Halaman

NungaNungseu. Diberdayakan oleh Blogger.