Meaning Of Life, Journey, Travelling and Happiness

Selasa, 28 Juli 2015

Cikuray 2821mdpl


Mamah : "Yakin mau naik gunung? emang Neng kuat naik sambil bawa tas gini gede (baca:career)? Mamah ga yakin kamu kuat"

Pertanyaan itu ditanya berkali-kali sampai detik terakhir mau berangkat ninggalin rumah. Sebenrnya pertanyaan itu jjuga membayangi saya, lalu saya berpikir saya ga akan pernah tau saya bisa atau engga sebelum saya mencoba. Jawaban itu dimulai dari sini....
"Turun gunung kok lebih cape ya? bikin lutut keram dan kaki kaya ga napak? Cape juga ya, kok pas naik kemaren gue bisa sampe atas dengan track nanjak yang edan?"

Pertanyaan yang hanya bisa dijawab saya sendiri hahahaha

Bagi pemula, di ajak ke Cikuray cukup ekstrem 'katanya'. Di awal perjalanan saat ngelewatin kebun teh menuju pos 1 bikin gakuat lahir batin. Tanjakannya estrem, matahari yang menyengat dan karena musim kemarau debu dimana-mana bikin ga bisa nafas :( Saya kembali ragu sebenernya saya bisa ga sih naik sampai atas? Bawa career 45L sampai puncak? ini aja udah kerasa capenya.

Sampai di pos 1, saya istirahat, kepala mulai pusing dan ga yakin bisa lanjut naik alias nyerah :( ini pos terakhir buat isi air karena di atas ga ada mata air. "Masa sih baru juga di pos 1 udah nyerah? hajar ah sampai atas malu sama temen temen belum apa apa udah nyerah padahal gue kan yang ngusulin naik ke gunung" kalimat itu cuman bisa saya keluarin di dalem hati.

Ketika saya mulai cape saya coba bilang di dalem hati, "Bismillah, nunga pasti bisa" Menurut buku yang saya baca, life is all about your mindset. Jadi saya coba praktekan hahahaha :D

Setelah masuk kawasan hutan, saya mulai terbiasa dengan kondiri. Track nya di buat di punggung gunung. Tapi nanjaknya bikin gila. Saya terus memotivasi diri sendiri sambil dnegerin lagu pake headset (of course lagu one direction & 5SOS) hahahaha gue directioners sejati ya dengerin lagu mereka sambil naik gunung :p

Sampai di pos 6 alias pos bayangan, saya mulai merasa lelah dan hari makin petang. Niatnya sih pengen liat sunset diatas, cuman apa daya saya ga bisa maksain ini badan :( Butuh waktu 9 jam buat saya sampai puncak cikuray yang tingging 2821 meter di atas permukaan laut. And you know what, saat detik detik terakhir menaju puncak saya udah mau nyerah, kaki udah gemetaran, air mata udah mau keluar karena udah ngerasa cape dan belum sampe puncaknya juga :( temen temen terus memotivasi saya, saat itu saya banyak istirahat, saya bener bener udah ngerasa ga kuat. Lalu temen saya nawarin diri buat bawain career saya sampai atas. Saya nolak, karena saya akan terus jalan sampai puncak tanpa melepas career saya (baca: merepotkan orang lain). Mau berapa lamapun, saya akan berusaha jalan ke puncak dengan usaha saya sendiri. Tekad udah bulat, Karena saya gamau travelling tapi ngerepotin orang lain. Dalem hati saya bilang, "Ya Allah, kuatkan saya jalan sampai puncak. Izinkan saya melihat kehebatan-Mu menciptakan alam semesta ini dari atas gunung" saya juga gatau kenapa jadi religius gini :p 

Jam 18.55 saya sampai puncak dengan tergopoh gopoh hahahahahhaha I GOT IT!!! Ternyata saya berhasil naik sampai atas puncak Cikuray, Gila loooo. Cikuray gitu loh peringkat 4 terbesar gunung tertinggi di Jawa Barat. And Iam so proud to my self yeaaaa!!! :D rasanya bener-bener saya yang bisa ngerti :)

Paginya, ini moment yang saya dan siapaun yang naik gunung tunggu. Melihat matahari terbit! Dari sana saya meliat kehebatan Allah dalam menciptakan segala alam dan keindahannya. Langit yang gelap menjadi biru secara perlahan-lahan. Di depan saya jelas saya melihat matahari yang akan keluar. Warnanya sangat indah. Saya juga melihat beberapa pegunungan dan gunung dari atas. Ternyata gunung itu beneran lancip ya segitiganya. Saat saya lihat ke bawah, semua berwarna putih alias saya bisa lihat awan dari atas. Dari atas gunung, saya memandang langit, ada apa ya di atas mana? jaraknya segimana ya? kok langit tetap terlihat indah dan menawan? Saya benar benar menikmati moment yang ga sampe 30 menit itu :)

Belum beres, turun gunung yang katanya lebih mudah dari naik ga bener-bener amat. Butuh 8 jam bagi saya buat turun, Kaki saya bener-bener cape. Lutut keram. Karena tracknya edan alias curam, saya banyak ngerem pake kaki sambil nahan beban career. Dan berhasil buat bahu, paha, lutut dan kaki saya sakit semua. Padahal saat turun, perut saya diisi nasi tapi lelahnya bukan main. Saat perjalanan turun, saya ga habis pikir gimana caranya ya saya bisa naik sampai atas. Padahal pas naik cuman makan roti dan gorengan. Liat track turunnya aja saya udah ga kuat. Mungkin karena faktor mindset itu dia ya :)

Belum selesai nih, perjuangan ga sampe hanya turun gunung, Kurang tepat pemilihan waktu, saya rombongan terakhir yang turun. Sampe pos 1 jam 18.30 dan kabut mulai turun. Karena satu dan lain hal, kita start jalan menuju pos penjagaan. Karena mobil kolbak jemputan kita ada di bawah dan ga diizinin jalan ke atas. Kebayang dong, udah mah cape turun gunung, masih harus jalan nyamperin kolbak dibawah ngelewatin kebun teh jam 7 malem dengan headlamp di kepala. 2 jam kita jalan, dengan perasaan kaki yang udah ga napak. Badan bau ga mandi 2 hari, makanan mulai habis tapi seru dan berkesan seumur hidup :D

Lalu saya mendapat pelajaran, untuk melihat dan merasakn moment indah itu ya ga gampang. Sama seperti di kehidupan. Semua ada prosesnya. Ada polanya. Ada sistemnya. Dan yang paling penting, ADA KERJA KERASNYA!!! Yang instan memang ada, tapi sesuatu yang dikerjakan setelah melewati suatu proses jelas lebih menawan. Keyakinan memang terbukti. Kita bisa lebih kuat dari yang kita kira, asal kita yakin dan percaya Allah selalu menyertai kita. Terimakasih, saya makin fall in love sama alam semesta dan saya pengen keliling Indonesia dan menikmati segala alam, budaya dan keindahan tersembunyi nya.

Share foto ah biar pada terisnpirasi menikmati alam Indonesia dan menjadi orang yang jauh dari kata takabur/kufur nikmat :)

muka siap siap mau turun ke bawah, perjalanan 8 jam haha


abaikan mata yang sialu karena matahari *wink*


masih ga percaya bisa sampai pucak hehe


dimanapun saya berada, I LOVE YOU MOM! :*


perhtiin di belakang saya sebelah kiri, segitiga itu bayangan puncak cikuray :)


katanya track ini bikin nangis zzz



pos 6 = pucak bayangan


Thankyou udah menjaga kedua kaki ini selama perjalanan :D



sebelum berangkat naik kolbak yipi~


masih seger, masih bisa bergaya sebelum berangkat ke atas :)


meski cape, take a selfie boleh yaaaaa ;))


di pos 3, istitahat sambil eksis haha :p


makan roti di coel ke  sarden. Enak!!


menu makan malam, liwet + sosis = bergizi


favorite! sunrise at 2821mdpl



Salam,
Nunga Nungseu
(pendaki pemula suka melihat keindahan alam ciptaan Sang Kuasa) 

Bermanfaat atau engganya balik lagi, semoga yang membaca jadi terinspirasi. Indonesia itu Bagus!!! :)

Reaksi:

2 komentar:

  1. itu kertas tulisanya dibawa lagi gaaaaaaaaaa -.-

    BalasHapus
  2. Dibawa lagi dong! "jangan ambil apapun kecuali gambar dan jangan tinggalkan apapun kecuali jejak" :D

    BalasHapus

Ditunggu kritik dan sarannya ya agan agan!

Total Tayangan Halaman

NungaNungseu. Diberdayakan oleh Blogger.