MEANING OF LIFE, JOURNEY, TRAVELLING AND HAPPINESS

Minggu, 10 Agustus 2014

Thankyou Himma :)


Gue nulis blog ini sesaat setelah gue ikut kumpul dan kongkow di wikie coffe di jalan Braga, Bandung. Ceritanya ada acara halal bihalal keluarga besar Himpunan Mahasiswa Manajemen (HIMMA).

Obrolan yang ringan, candaan yang khas serta tertawa dengan begitu lepas. Semuanya terlihat bahagia dan benar-benar menjadi waktu yang ber-kulitas. Namun ada sedikit perasaan yang tidak biasa. Gue pandangin wajah mereka satu-persatu, wajah mereka sungguh tidak asing lagi untuk mengisi status 'mahasiswa' gue selama 3 tahun terakhir. Yap mereka adalah partner, tim, sahabat dan keluarga kedua gue di kampus. Perasaan tidak biasa itu hadir ketika gue menyadarai bahwa gue sudah cukup lama mengenal mereka hampir 3 tahun, dan itu berarti tinggal 1 tahun lagi gue menjabat sebagai status 'mahasiswa'. Kalo waktu bisa berhenti, gue akan memilih untuk terus menjadi mahasiswa. Andai...Andai... Tapi bukan mahasiswa abadi yang ga lulus lulus yah amit-amit 

Sedikit flashback. Gue masuk kuliah tahun 2011. 

Tahun pertama gue habiskan untuk beradaptasi dengan lingkungan kampus dan perubahan status dari SISWA menjadi MAHAsiswa. Tahun pertama kuliah Alhamdulillah dapet IPK yang cukup lumayan 3,83 (semoga bertahan sampe nanti lulus amin). Gue mulai ngerasa asik sama dunia kampus yang baru. 

Tahun kedua gue masuk organisasi Himpunan Mahasiswa Manajemen (HIMMA) Fakultas Ekonomi Universitas Pasundan sebagai staff Bidang Kominfo. Satu tahun pertama di sana gue jadi punya banyak pengalaman dan hal-hal baru, disana pola pikir gue berubah hampir setiap waktu. Gimana ga berubah, hampir tiap minggu kita ngobrol alias sharing satu sama lain mengenai kondisi Indonesia baik dari segi ekonomi atau politik atau bahkan segala keadaan yang happening. Pola pikir idealis dan kritis secara ga langsung mengakar, tumbuh dan berkembang di otak gue (mungkin)  sampai sekarang. Saat itu gue punya tokoh idola yaitu seorang aktivis yang bernama Soe Hoek Gie *dulu udah niat banget mau bikin blog khusus tentang GIE tapi budaya males menggagalkan rencana itu* dan itu menyadarkan gue bahwa seorang mahasiswa pada sejatinya memiliki tempat dan kewajibannya sendiri.

Tahun ketiga di kampus gue masih aktif di organisasi HIMMA dan naik jabatan ceritanya hehe yang asalnya jadi staff Kominfo terus jadi Kepala Bidang Kominfo. Ditahun ini gue ngerasa banyak dapet pengalaman yang baru di bidang public speaking sih lebih tepatnya. Dimulai dari menjadi moderator owner Black ID dan Kick Denim di acara Masa Bimbingan (MABIM) atau bisa di sebut sebagai ospek jurusan. Ketemu sama PR nya Hotel Imperium. Tulisan gue di muat di Koran Tempo. Survey tempat sana-sini sambil panas-panasan naik motor ke Lembang dan sekitarnya. Rajin dateng ke kampus buat rapat pas lagi libur kuliah. Rapat koordinasi, rapat bidang, rapar pra-simultan dan rapat simultan. Ketemu alumni-alumni. Jadi MC dadakan untuk setiap kegiatan internal ataupun eksternal kampus udah sering gue lakuin. Rapat secara rutin bahkan ber-debat dengan pihak birokrat udah pernah gue rasain. Ketiduran di kosan tercinta alias sekre himpunan yang mirip kotak sabun, iya kotak sabun yang difasilitasi AC yang dibagi dua dengan ruangan sebelah ternyata berhasil buat gue makin betah di kampus. Ikut outbound gratis pas lagi acara STL (Short Training Leadership) yaitu peng-rekruitan anggota organisasi baru. Punya baju kebangaan hitam-hitam yang bahannya panas tapi gue bangga pake itu dan muasih banyak pengalaman-pengalaman yang lain.

Kaya nostalgia kalo inget itu semua. Makin banyak nostalgia berarti makin banyak umur yang udah gue lewatin. Iya iya gue udah tua, iya, cukup!

Entah kenapa gue bangga jadi seorang MAHASISWA, gue bersyukur sama orang tua gue yang udah biaya-in gue kuliah sampe gue ngerasa enaknya punya status sebagai mahasiswa. Ter-inspirasi dari Soe Hoek Gie dan jiwa sosial gue terhadap Pendidikan di Indonesia *ebusyeeet bahasanya daaah* gue ikut lomba Karya Tulis Ilmiah di Tingkat Universitas. Gue ambil judul *yang sekarang masih diinget terus di luar kepala judulnya* "Revitalisasi Pendidikan dan Peran Mahasiswa Sebagai Penerus Bangsa" Tulisan yang ternyata setelah gue perhatikan cukup kece badai dan sungguh terlihat keren ini, kurang membawa keberuntungan karena gue ga jebol dapet beasiswa. Gue kecewa tapi bersyukur juga sih, seengganya uang beasiswa emang melayang, tapi hasrat gue untuk nulis semakin tinggi. Uwwooooww~ :D Saat menulis karya tulis tersebut dibimbing langsung oleh Dekan FE yaitu Pak Juanim.

Balik lagi bahas mahasiswa. Kenapa sih gue bangga menjadi mahasiswa? karena mahasiswa itu punya peran dan fungsinya tersendiri yaitu sebagai :
1. Agent Of Change (agen perubahan, bukan agen gas LPJ yaa haha)
2. Social Control (mengontrol keadaan sosial di sekitar)
3. Moral Force (moral yang terus dicontoh oleh masyarakat sosial)
4. Iron Stock (calon penerus bangsa)

Belum lagi hanya status mahasiswa yang ada di tengah-tengah antara Masyarakat dan Pemerintah. Sebagai penyampai asirasi rakyat ke Pemerintah, mengontrol sistem pemerintahan yang ada, dan mahasiswa itu dianggap harus memiliki idealis tersendiri. Keren! Dan saya bangga pernah ada di posisi itu!

Balik lagi ke himpunan. Bisa dibilang, himpunan tempat gue belaar gratis, mengaktualisasikan segala ilmu yang gue tau dengan gratis. Gue sama sekali ga dipungut biaya sedikitpun untuk masuk organisasi yang sekarang menjadi bagian dari keluarga kedua gue di kampus. Gue berutang budi banyak sama himpunan. Himpunan yang udah ngebentuk pola pikir, sikap dan perasaan gue sampe hari ini. Kalo himpunan berwujud, mau gue cium-in deh sebagai tanda ucap terimakasih hahaha :p

Lewat blog ini gue mau ucapin terimakasih sama himpunan dan orang-orang yang ada di dalamnya. Terimakasih tak terhingga atas kenangan yang terus menempel sampai nanti gue tua, tempat awal karier gue beranjak dan akan segera meroket jauh hehe amin! Dan gue sama sekali ga nyesel masuk kuliah, menyandang status MAHASISWA dan masuk himpunan. Axel Axel muaah :*

Kalo gue sebutin satu-satu dan cerita semua pengalaman gue 2 tahun berada disana pasti puanjang bingit, gue share sebagian foto-foto nya aja ya!



Ini pas MABIM tahun 2012, lagi presentasi bidang KOMINFO
 ke mahasiswa baru 
Tempat: Hotel Imperium, Bandung


Ini MABIM 2012 juga, baru kelar technical meeting sebelum MABIM
jadi Sterring Comitte (SC) cukup buat lelah :)


Nah ini lagi jadi moderator nya Kang Imon selaku owner Kick Denim & Black ID
dengan tema Kewirausahaan Bagi Anak Muda


Baru kelar hajat pertamanya bidang KOMINFO 
"SPECTACTOR (Spectacular Achievements Of Four)
di depan KMFE


Setiap bikin acara, bukan penontonnya aja yang seneng,
tapi panitianya malah lebih seneng nyanyi joged sana sini haha
Gue yang di tengah noh~



HMMI (Himpunan Mahasiswa Manajemen Indonesia)
dari Sabang sampai Merauke, kita bertemu di Malang


Depan Statsiun Kota Malang di malam hari
ceritanya jalan-jalan malam hehe 


Udah kaya model belum?
Universitas Islam Negeri Malang


Anak-anakku di KOMINFO
*next gue mau bikin blog khusus tentang KOMINFO ahh, kalo ga males ya hehe*



Ini jari-jari adminnya twitter @HIMMAUNPAS


Yang satu lagi sibuk acara STL, gue bergaya tanpa beban hehe
oppsss sori ya bal fotonya gue upload hehe
Dago Pakar, Bandung


Mojang dan Bujang Bandung yang sedang bertandang ke Malang



Gue suka banget foto ini, gue terlihat KURUS di depan banner yang super big big
hahaha



Logo Kominfo, sekarang sudah punya cap sendiri
"Manage Infomation, Mediate Communication"



Well itu sebagian foto yang gue upload, belum mewakili seluruh jiwa raga gue di himpunan sih hehe. Ada orang yang bilang kuliah itu wasting time, ngabisin duit, cuma ngejar nilai dan sarjana yang ujung-ujungnya jadi pengangguran juga. Gapapa, itu persepsi orang, yang pasti gue ga pernah nyesel untuk kuliah dan masuk organisasi. Hidup pilihan kan? Ada kalanya lo ga perlu terlalu sering dengerin apa kata orang lain. Syukuri apa yang ada, nikmatin prosesnya dan selamat menunggu hasil yang sangat luar biasa.

Salam Mahasiswa!

2 komentar:

  1. Teh saya pengurus himma angkatan 2017 nih berarti bisa di bilang adik teteh yaa hehehehe....tapi sayang banget hubungan kita dgn para alumni diputus begitu saja ntah apa dan kenapa hal itu yg selalu ada di fikiran saya teh. Semoga himma makin jaya.

    BalasHapus
  2. Hai! Salam kenal ya, aku manajemen angkatan 2011 dan sempet menjadi BPH di Himma. Wah so sad kalo memang sampai saat ini masih terputus komunikasi dan hubungan antar pengurus Himma dan alumni :( Salam untuk adik adik di Himma ya, tetap semangat dalam berkarya! Management One For All, All For One!

    BalasHapus

Ditunggu kritik dan sarannya ya agan agan!

Total Tayangan Halaman

NungaNungseu. Diberdayakan oleh Blogger.