MEANING OF LIFE, JOURNEY, TRAVELLING AND HAPPINESS

Minggu, 28 Februari 2016

Destinasi Cantik Nan Murah Sekitar Pare


Tak apdol rasanya kalo pergi ke tempat baru tapi ga explore wisata cantik di sekitarnya. Makannya mumpung saya lagi di Pare, saya gak mau rugi dong dateng 14 jam perjalanan kereta dari Bandung-Kediri cuman buat belajar bahasa inggris aja hehe.

Sebenernya ada banyak destinasi cantik nan murah meriah di sekitar kampung inggris, namun disini saya akan share beberapa tempat yang saya kunjungi. Diantaranya adalah........

1. Simpang Lima Gumul
Ini adalah icon nya kabupaten Kediri (kampung inggris terletak di kabupaten kediri). Kaya gedung yang ada di Prancis. Terletak di tengah persimpangan jalan. Yang ada 5 persimpangan, makannya gak heran disebut Simpang Lima Gumul. Kata orang dari dinas pariwisata kabupaten kediri, setiap sudut yang ada disana memiliki maksud. Ada cerita dibalik keindahan gedung Eropa di kota kecil ini. Ikon dalam bentuk tulisan "Kediri Lagi" menjadi daya tarik tersendiri. Banyak yang foto disana. Apalagi malam minggu, anak muda kediri merapat kesana meski tanpa komando. Cuman bayar parkir dan tanpa biaya masuk, kamu akan ngerasain sensasi Prancis alias Eropa disana #eyaahhh. Kamu akan masuk dari bawah, jalan di lorong panjang, terus naik tangga keatas. Di atas jangan heran ga nemuin yang jual makanan. Bagusnya diatas steril nan bersih. Tapi jangan berkecil hati, di sebrang Gumul ada tempat jualan makan banyak banget sepanjang jalan. Dari lalapan, soto, es degan sampai cemilan atau asesoris. Oh iya, jarak tempuh Pare-Gumul lumayan, kalo naik sepeda kurang lebih 1-1,5 jam. Kemaren saya sewa angkot gitu. 15 orang. Bayar 15rb antar-jemput. Lumayan murah dengan durasi perjalanan kurang lebih 30-45 menit.


2. Tulung Agung
Dua bulan di Pare jadi mulai terbiasa sama nama daerah dengan bahasa jawanya. Kediri terletak berdekatan dengan Blitar dan Tulung Agung. Kali ini, saya akan bahas salah satu pantai di Tulung Agung, namanya pantai Sanggar. Perjalanan dari Pare menggunakan motor sewaan (24 jam = 75rb, kalo mau sewa bisa dijadiin referensi nih sewa di fortune Jalan Anyelir hehe) kurang lebih 3 jam dengan mengandalkan waze hehe. Perjalanan mendekati pantai cukup ekstrim. Dan makin mendekati pantai lebih ekstrim lagi kawan! Buat kamu yang bawa mobil, perlu banget nyiapin budget lebih untuk naik ojek ke tempat tujuan. Karena jalan dari bawah ke atas sangat kecil, cuman bisa dilewati satu motor. Nanjak dan bikin lelah. Bayangin aja udah kaya tempat di motor cross dan saat itu kami pake motor matic hehe. Lelah dan harus sabar bantu dorong motor atau memilih jalan kaki. Jalannya naik terus turun kaya membelah bukit. Di tengah perjalanan bisa lihat laut dari atas. Lumayan indah! Lagi lagi tanpa biaya masuk, cuman bayar parkir motor 2rb. Makan disana relatif murah, nasi soto 10rb. Tapi kamar mandi bayar 2rb. Dengan biaya 100rb kamu bisa explore Tulung Agung. Sudah termasuk sewa motor dan bensin patungan sama temen dan juga makan, itupun masih sisa. Pantai ini masih sepi, belum banyak diketahui orang banyak. Jadi wajar jalannya belum bagus dan masih seadanya. Not bad lah kaka :) Katanya ada lagi pantai yang menjadi destinasi favorit disana, pantai tumpang. Cuman jaraknya 2 jam dari Sanggar. Jalannya lebih ekstrim.



3. Surowono
Ini salah satu destinasi cantik dari Pare. Ga jauh alias deket, cukup naik sepeda kira-kira 20-30 menit dengan kecepatan santai. Surowono adalah salah satu desa di kecamatan pare. Apa yang menarik disana? ada goa dan candi, lebih tepatnya sisa reruntuhan candi. Tapi yang paling terkenal ya goa. Sebenernya di Bandung juga ada goa, cuman penasaran aja sih sekalian menghabiskan hari Minggu. Lagi-lagi biaya cukup terjangkau. Parkir sepeda 2rb, tiket masuk 1rb/orang, kalo mau sewa senter dan guide per-orang bayar 2rb. Pertama turun kebawah, air nya di atas perut orang dewasa. Makin masuk kedalem, air mulai menyusut, lebar ga mulai kecil dan cuman bisa dilewatin satu orang. Makin kedalem, makn pendek dan kamu harus sedikit jalan sambil nunduk, dan makin kedalem lagi kamu harus jalan sambil jongkok saking pendeknya itu goa. Saran dari saya, jangan bawa hape karena seluruh badanmu akan basah. Belum lagi kena kucuran air dari atas atau samping kanan kiri goa. Dan lepas sepatu juga.Goa nya lumayan panjang, jalan bisa sampe 20-30 menit. Seru sih, didalem gelap buanget jadi kalo bisa sewa senternya lebih banyak atau pake headlamp. Jadi bisa liat dinding goa nya. Perjalanan dari Pare-Surowono dihiasi sama hamparan sawah yang luaaassss ditambah perpaduan antara langit biru dan awan nan indah hari itu. Perfect!

Ini dia hasil jepret ku disana, biar kamu bisa "theater of mind" hehe

Gumul Paradise kaya di Prancis

Kediri

Maapin lagi promosi voyage

L
Pantai Sanggar, Tulungagung

Hap hap nyamuk ditangkap

Pemandangan di perjalanan menuju pantai

Jalan nya terjal broder, waspada!

Pemandangan saat pulang, bonus banget

Landscape di Surowono

 Loncat biar cepet bisa sentuh mimpi diatas sana

Goa Surowono

Pantang pulang sebelum selpi


Sebenernya selain 3 destinasi itu ada banyak wisata alam nan cantik serta murah meriah seperti Kelud, kampung coklat di Blitar, pantai nelayan di Trenggalek dll. Ini travelling ku di Pare, mana punya mu? :)

Semoga Bermanfaat! Traveller sejati itu anti buang sampah sembarangan ya! Jaga terus kebershan, buang sampah sembarangan gak keren!
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Ditunggu kritik dan sarannya ya agan agan!

Total Tayangan Halaman

NungaNungseu. Diberdayakan oleh Blogger.