MEANING OF LIFE, JOURNEY, TRAVELLING AND HAPPINESS

Rabu, 29 Januari 2020

Kehidupan (setelah) Menikah Part 1 : Berperan Sebagai Istri

Mr and Mrs Husband and Wife Couples Shirts - Matching Couples
source : pinterest


Gimana ya rasanya setelah menikah? Menjalani peran baru sebagai istri? Pertanyaan itu muncul dari diri sendiri. Iseng aja gitu nanya ke temen yang baru married. Ada perbedaan ga? Lebih seru nan excited ga? Terus se-asik pas masih pacaran atau gimana? Lebih romantis ga? Dan lain lainnya. Biasanya aku nanya ke temen atau sodara yang deket ya dan posisinya aku belum menikah. Semacam ada rasa atau sensasi membayangkan kehidupan setelah menikah itu gimana ya? hehe

And here we go! Aku mau sharing kehidupan setelah menikah terutama peran sebagai istri. Dan lumayan amazing lah, di luar bayangan aku sebelumnya. Padahal sebelumnya udah kepo banyak nanya ke orang orang tapi emang sih pas ngerasain langsung mah bedaaaaaaaaaa.


1. Gak bisa egois dan menang sendiri lagi

Yap betul. Setelah menikah (hmm sebenernya pas masih menjalin hubungan sih) rasa egois untuk mementingkan diri sendiri perlahan terkikis. Karena kan kita bikin komitmen sama orang lain, yang dimana orang tersebut juga punya rasa dan jalan pemikirannya sendiri. Jadi belajar banyak diskusi untuk setiap ambil keputusan. Apalagi peran istri sebagai ekor dan suami adalah Imam. Masih belajar untuk meredam ingin menang sendiri, gak mau kalah kalo debat dan teman temannya. Dalam suatu hubungan/organisasi/kelompok hanya butuh 1 kepala/pemimpin. Kebayang dong kalo ada 2 kepala gimana? Jadi belajar legowo meski tetep ada diskusi terlebih dahulu dan penjelasan lainnya sebelum memutuskan sesuatu. Inget ya, meski istri ambil peran sebagai ekor tapi harus jadi smart woman juga :)


2. Bangun lebih pagi

Bukan hanya dalam pengambilan keputusan, perubahan dalam menjalani peran istri bisa juga ke aktivitas sehari hari. Misal : Sebagai istri harus bangun lebih pagi dari suaminya, untuk menyiapkan sarapan/bekal sampai beresin rumah. Yang biasanya pas masih single habis solat subuh tidur lagi, sekarang udah pasti ga bisaaaaaa. Kecuali weekend hahaha. Apalagi pas kamu kerja, hmm pagi adalah waktu paling hectic. Harus dandan juga, masakin juga, beberes rumah juga hehe seru lah. Apalagi kalo nanti ada anak ya? Ga kebayang hehe.


3. Mendadak punya keahlian lain

Percaya gak percaya setelah nikah keahlian yang ada didalam diri mendadak muncul. Ya seiring berjalannya waktu dan situasi kondisi yang terjadi setiap hari. Keahlian memasak (cookpad dan resep Ibu selalu jadi andalan), keahlian membereskan rumah (literaly rumah ya bukan kamar kosan  pas waktu single wkwkwk), keahlian memijat ketika suami lelah pulang kerja, keahlian manage uang rumah tangga, keahlian berhitung dan keahlian lainnya yang menunjang peran istri di rumah tangga :p


4. Lebih banyak diskusi

Ini yang paling seru menurutku. Ya karena pada dasarnya aku anak extrovert ya hahaha :D salah stau alasan akhirnya aku memutuskan untuk menikah dalam hidup ini adalah aku punya partner seumur hidup. Partner alias temen ngobrol, temen jahil, temen menertawakan hidup, temen galau, temen yang semangatin untuk mencapai mimpi yang kayaknya ga mungkin dll nya. Makannya ngobrol jadi hal yang paling aku suka sebelum bobo sama suami. Semacam pillow talk, dari obrolan ringan sampai diskusi tentang perihal rumah tangga. Setelah menikah, ada beberapa hal yang perlu kita diskusikan sebelum ambil keputusan. Dan sesi pillow talk dijadikan bounding hal apa saja yang perlu di diskusikan atau engga. Semacam mengkategorikan sesuatu dan menyamakan pandangan. Kalo emang pandangannya beda, kita cari titik tengah nya.


5. Punya bayi besar  

Ini secara pribadi ya, setelah menikah bapak suami jadi lebih manja dari sebelumnya. Sebagai istri, mengurus suami dari A sampai Z cukup menyenangkan. Serasa memiliki bayi besar. Ya latihan dulu yak sebelum dikasih rejeki keturunan sama Allah SWT hehe. Mengurus dari mulai pakaian dalam, baju, kaos kaki, bekal, isi didalem tas dan lain lainnya. Belum lagi kalo dia minta tolong sesuatu. Pas di awal pasti aku ngedumel tuh, elah ambil sendiri juga bisa. Eh lupa kalo ternyata sekarang dia udah jadi suami hehehe. Ya semoga apa yang sudah dilakukan menjadi ladang pahala. Bakti istri kepada suami #cihuy. Yang kebelet nikah, awas baper hehe


Nah itu dia 5 hal yang berbeda setelah menjalani kehidupan rumah tangga. Ya masih seumur jagung sih, masih 5 bulan tapi cukup seru untuk dijalani. Masih gak percaya, seseorang kaya aku bisa jadi istri dan ngurus suami hehe. Nah itu dia 5 hal yang berbeda dari pas single dan jadi istri. Apakah ada yang merasakan juga? Sharing di kolom komentar ya.


Semoga menginspirasi!

Jakartam 29 Januari 2020



0 komentar:

Posting Komentar

Ditunggu kritik dan sarannya ya agan agan!

Total Tayangan Halaman

NungaNungseu. Diberdayakan oleh Blogger.