MEANING OF LIFE, JOURNEY, TRAVELLING AND HAPPINESS

Minggu, 14 April 2019

Ingin Hari Pertama Kerja di Tempat Baru Berkesan? Ikuti 5 Tips Ini

foto : google

Dalam dunia kerja, sudah menjadi hal biasa untuk pindah kerja dari satu tempat ke tempat yang lain. Untuk para millenials, jangan takut dianggap "kutu loncat" jika sering berpindah kerja. Pindah kerja perlu dilakukan oleh anak muda, jika disana menawarkan posisi dan kesempatan belajar lebih baik. Kesempatan itu bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan potensi diri baik soft skill atau hard skill, networking dan keluar dari zona nyaman kaya di perusahaan sebelumnya. Banyak juga yang pindah kerja untuk mendapatkan posisi lebih baik (naik level) loh. Semua itu dianggap sah sah saja bagi millenials untuk pindah kerja, kecuali dalam 3 bulan sekali kamu selalu pindah kerja karena alasan ga cocok, itu namanya belum siap kerja hehe.

Nah apa aja sih yang perlu disiapkan para millenials saat hari pertama kerja di tempat baru? Ini dia 5 tips mudahnya. Selamat menyimak :)

1. Jadi sponge kering (not spongebob ya)
Memang spongebob itu lucu dan kadang ngeselin. Tapi bukan harus jadi spongebob ya hehe. Tau kan sponge yang buat cuci piring? Fungsinya kan meresap sunlight untuk dipakai mencuci piring/gelas. Kalo sponge itu sudah basah, ya pasti ga semua sabun sunlight akan terserap, pun sebaliknya. Makin kering sponge itu, maka makin banyak hal hal yang bisa diserap. Lupakan sejenak apa yang kamu tau dari perusahaan sebelumnya. Seperti kosongkan gelas, sekosong-kosong nya untuk bisa menerima lebih banyak air dari biasanya. Untuk bisa menyerap ilmu lebih luas di kantor barumu.

2. Rendah hati
Nah rendah hati ini ada kaitannya dengan posisi atau jabatanmu pada kantor sebelumnya. Jika kamu pindah kerja ke kantor baru secara horizontal misal dari level supervisor lalu turun jadi team leader dengan bidang berbeda, maka jiwa posisi sebagai supervisor pada kantor sebelumnya perlu dihilangkan. Pun jika kamu pindah kerja dengan level yang sama, hmm kurang kurangin deh sok tau karena kan kamu masih dalam tahap mencari tau budaya, pengembangan bisnis dan orang orangnya di kantor baru itu. Jika ada yang bertanya tentang pengalaman kerja di kantor sebelumnya memang boleh, tapi ingat jangan berlebihan dan tetap rendah hati ya!

3. Supel (memperkenalkan diri)
Sebagai karyawan baru pasti kamu akan selalu diberi kesempatan untuk memperkenalkan diri baik didepan banyak orang atau personal. Nah di hari pertama kerjamu, jangan diem aja. Ulurkan tangan ke siapapun itu untuk memperkenalkan diri. Hari pertama kerja adalah langkah pertama untuk menjalin kerjasama dengan orang orang di divisi lain. Jangan sampai baru kenalan setelah 2 minggu kamu kerja. Itu pun dilakukan gara gara ada project yang harus berhubungan dengan divisi lain. Ketauan deh nanti datang pas ada butuhnya doang #eh

4. Senyum dan Ramah
Senyum ke semua orang. Ramah ke siapapun itu! Dari tingkat office boy, tamu, resepcionist dan siapapun itu. Pada hari itu, mungkin kamu akan menjadi pusat perhatian semua orang di kantor baru. Senyum manis akan membuat pride dalam dirimu meningkat. Dan itu berpengaruh dalam branding dirimu nanti kedepannya. Senyum dan ramah. Ini adalah saat yang tepat, jika kamu ingin merubah branding didalam diri. Jika di kantor sebelumnya kamu disebut pecicilan, maka di kantor baru kamu bisa ubah brand image itu. Jadi  orang yang lebih kalem, misal. Asal di kantor baru tersebut benar benar tidak ada orang yang kamu kenal sebelumnya ya.

5. Pakaian Terbaik 
Ingat kan istilah first impression is important? Kenalan pakaian terbaikmu sebagai penampilan pertamamu di kantor baru. Orang orang yang melihatmu dari jauh mungkin akan melihat pakaianmu terlebih dahulu, sebelum melihatmu berbicara atau mengeluarkan ide/pendapat. Memang ada istilah 'dont judge book by its cover' tapi cover juga ikut menentukan loh isi didalam bukunya akan menarik atay tidak. So, gunakan pakaian terbaikmu namun tetap nyaman digunakan. Bisa juga kamu mengenakan salah satu pakaian favorit atau pakaian keberuntunganmu hehe

Nah itu dia 5 tips mudah yang bisa kamu lakukan untuk hari pertama kerja di tempat baru. Dari itu semua yang paling terpenting adalah menjadi diri sendiri. Jadikan kantor baru tersebut sebagai ladang kamu mencari ilmu pengetahuan. Menambah relasi. Yang bukan hanya perihal digit angka salary. Good luck ya! :)


Semoga menginspirasi,

Jakarta 14 April 2019.


0 komentar:

Posting Komentar

Ditunggu kritik dan sarannya ya agan agan!

Total Tayangan Halaman

NungaNungseu. Diberdayakan oleh Blogger.