MEANING OF LIFE, JOURNEY, TRAVELLING AND HAPPINESS

Selasa, 20 Maret 2018

Ikut Andil Mengapresiasi Pengrajin Lokal Bersama Qlapa :)

Hasil gambar untuk qlapa.com
photo : qlapa.com

INDONESIA. Ada 17 ribu pulau di Indonesia dengan lautan luas yang menakjubkan baik dilihat dari atas atau bawah sekalipun. Ada lebih dari 300 suku yang tersebar di Indonesia berikut dengan bahasa dan budaya yang beragam. Dan semua yang ada disana menjadikan Indonesia memiliki ciri khas tersendiri yang tidak dimilki negara lain. Makannya tidak heran banyak turis mancanegara berlomba-lomba untuk datang ke Indonesia bahkan investasi dalam sektor pariwisata disini. Pariwisata di Indonesia memang saat ini ‘sedang diatas angin’ dan ini harusnya jadi peluang usaha dalam sektor apapun untuk memajukan Indonesia. Misalnya seperti ikut mempormosikan wisata di Indonesia (khususnya di daerah terpencil yang belum diketahui), membuka usaha resort atau restoran di daerah wisata dan memperkerjakan masyarakat lokal disana sehingga menekan angka pengangguran atau mengurangi urbanisasi. Atau ada yang paling mudah ialah memberikan apresiasi kepada pelaku usaha di Indonesia yang menjual barang barang handmade khas Indonesia. Bagaimana cara mengapresiasinya? Bukan hanya dengan memuji di media sosial masing masing, akan tetapi ikut membeli dan mempromosikan kepada dunia bahwa Indonesia memiliki banyak pengrajin lokal berkualitas yang tidak kalah dengan negara lain.

Hal ini menjadi fokus utama mengingat sekarang ini banyak barang dari luar negri yang masuk ke Indonesia lalu dijual dengan harga miring. Semua seakan berlomba lomba untuk menjual barang yang sama dengan harga serendah mungkin dan hal ini berhasil menarik perhatian kebanyakan masyarakat Indonesia. Lalu seolah olah kita dibuat ‘lupa sejenak’ bahwa di Indonesia juga banyak barang barang berkualitas tinggi yang tidak kalah keren dengan merek luar. Bahwa dengan membeli produk lokal juga berarti turut memberikan ‘penghasilan’ bagi para pengrajin lokal. Bukan hanya dari sisi materi akan tetapi ikut support secara non materi kepada para pengrajin lokal untuk terus berkarya atas nama Indonesia melalui barang buatannya. Selain itu, dengan cara mempromoikan barang handmade Indonesia berarti kamu ikut andil dalam melestarikan kearifan lokal yang ada. Bukankah itu hal mudah untuk dilakukan, kawan? Apalagi di era digitalisasi seperti ini. Sudah terlalu banyak orang yang memamerkan barang merek luar harga selangit di media sosial dan bangga didalamnya. Sudah terlalu banyak juga orang yang tidak mengetahui bahwa Indonesia juga memiliki banyak pengrajin lokal kualitas tinggi yang tidak kalah bersaing dengan produk luar negeri. Yuk, cintai produk lokal Indonesia. Apapun itu barangnya dan merasa bangga didalamnya.

Nah bagaimana sih cara menemukan barang barang handmade khas Indonesia? Misal jaket kulit khas Garut, batik khas Pekalongan atau kain tenun khas Sumba. Apa perlu kita kesana untuk membeli barang barang tersebut? Belum lagi jika sudah sampai sana, apa bisa kita segera bertemu dengan pengrajin lokal yang benar benar membuat barangnya sendiri? Jika memang seperti itu, rasa rasanya perlu cost tambahan hanya untuk membeli satu produk handmade khas Indonesia.  “Yaudah beli online aja, udah ga zaman kali sekarang beli sesuatu langsung ke lokasi. Lama dan ribet” Memang sih saat ini marak sekali marketplace yang menjual beragam barang secara online. Baik barang dari dalam bahkan luar negeri sekalipun. “Lalu apa ada marketplace khusus barang handmade?” Biasanya para pengrajin lokal di Indonesia memang masih sangat tradisional dalam memasarkan barangnya. Dan hal ini menjadi sangat wajar bagi kita (konsumen) yang merasa kesulitan dalam menemukan barang handmade asli pengrajin dengan kualitas terbaik di Indonesia. Sehingga akhirnya kembali membeli produk luar yang ada di banyak marketplace Indonesia.

Qlapa.com seolah menjadi solusi dan jawaban dari pertanyaan pertanyaan tersebut. Solusi bagi para pengrajin lokal yang bingung mempromosikan barang hasil buatannya kemana. Qlapa.com bisa dijadikan ‘wadah’ bagi para pengrajin lokal memajangkan hasil karya nya secara online yang dapat dilihat dunia. Qlapa.com juga bisa dijadikan jawaban dari banyak pertayaan orang orang yang ingin membeli barang handmade khas Indonesia dengan mudah dan nyaman. Bisa dibilang, rumahnya produk handmade Indonesia ya Qlapa.com. Ada ribuan produk handmade khas Indonesia yang sudah dipastikan berkualitas, karena pastinya tidak sembarangan bisa menjual produk disana. Ada beragam kategori yang dijual seperti aksesoris, pakaian, kecantikan hingga yang paling terbaru ialah makanan. Bukan hanya tentang mencari produk handmade, membeli, membayar dan selesai. Akan tetapi lebih dalam dari itu, yaitu ikut mengapresiasi para pengrajin lokal yang ada di Indonesia dan membawanya ke ranah Internasional.  Menunjukkan kepada dunia, bahwa Indonesia memang keren sebagaimana seharusnya. Hanya belum banyak saja yang mengetahui dan menyadarinya. Tidak banyak pelaku usaha di Indonesia yang memberikan perhatiannya kepada para pengrajin lokal atau mengangkat kearifan lokal Indonesia. Terimakasih Qlapa.com sudah menginspirasi dan benar benar menjadi rumah produk handmade Indonesia. Mari cintai produk lokal bersama Qlapa.com :)



Bogor, 20 Maret 2018

Reaksi:

2 komentar:

  1. Memang belum banyak yang tau soal Qlapa dan apa yang mereka lakukan. Dan saya cukup senang membaca tulisan bagus seperti ini yang mengenalkan Qlapa sebagai toko jual beli yang berfokus pada penjualan produk-produk handmade lokal Indonesia. Yang artinya, ketika kamu menulis ini dan menyebarkannya pada dunia, kamu turut serta menyebarkan semangat #CintaProdukLokal dan itu yang sangat saya sukai.

    Nah, kalau boleh saya tambahkan, Qlapa itu lebih dari sekedar platform jual beli online. Mereka menyediakan produk handmade sekaligus menawarkan kemudahan. Para pembeli tidak perlu melakukan pemesanan yang sebegitu rumitnya untuk membeli produk di Qlapa, dan begitu juga sebaliknya, para pengusaha dan pengrajin yang mau berjualan bersama Qlapa juga diberikan kemudahan untuk mempromosikan produknya di Qlapa.

    Sesuai dengan tagline-nya, Mudahnya menemukan handmade unik khas Indonesia di Qlapa setidaknya terbukti. Disamping kemudahan yang diberikan, dengan bertransaksi di Qlapa kita juga turut meningkatkan usaha Eknonomi Kreatif Indonesia yang sedang menggeliat. Dengan kita membeli produk di Qlapa, kita menyemangati pengrajin lokal untuk tetap semangat berkarya.

    Dengan begitu, semangat #CintaProdukLokal bisa berjaya lagi, dan kita tidak perlu lagi berbelanja produk handmade-handmade mahal buatan luar negeri, karena di Qlapa, kita bisa beli dan memiliki handmade unik khas Indonesia yang belum tentu ada di tempat lain dengan harga terjangkau.

    Semoga makin banyak orang Indonesia yang #CintaProdukLokal dan Qlapa adalah salah satu platform yang tepat untuk membuktikannya.

    Btw, saya juga lagi ikutan lomba blog yang sama nih. Minta kunjungan baliknya ya ke bit . ly/Qlapa (sengaja saya pisahkan agar tidak tersaring filter spam). Semoga beruntung dengan lomba blognya ya. Gue harap salah satu hadiah-hadiah yang ketjeh itu mendarat di depan rumah kita dengan mulus. Amin

    maaf ya kalau komennya kepanjangan, hihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Pieter!
      Terimakasih sudah membaca postingan dan berkomentar. Tadi juga sempet baca tulisanmu. Keren! Sangat detail dan informatif. Sukses yaaa, semoga menang :)

      Hapus

Ditunggu kritik dan sarannya ya agan agan!

Total Tayangan Halaman

NungaNungseu. Diberdayakan oleh Blogger.